Akibat Kolesterol Tinggi Pada Pria Dan Wanita

Kadar kolesterol tinggi dalam darah adalah ancaman serius yang perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan dampak atau akibat berbahaya, kita cari tahu yuk apa saja bahaya akibat kolesterol tinggi dalam tubuh dan bagaimana cara menurunkannya.

Akibat Kolesterol Tinggi

Bahaya Akibat Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Pada dasarnya kolesterol merupakan lemak yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu organ-organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik serta membantu tubuh memproduksi vitamin D, berbagai hormon dan asam empedu yang berguna untuk proses pencernaan.

Namun, jika jumlah kolesterol dalam darah jumlahnya banyak atau melebih jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh bisa menimbulkan masalah atau penyakit yang membahayakan yakni terjadinya penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah atau arteri.

Hal tersebut karena kolesterol yang tidak terpakai lama kelamaan akan mengendap dan menumpuk di pembuluh darah sehingga membuat saluran pembuluh darah menyempit dan tersumbat hingga mengalami pengerasan.

Didalam darah kolesterol akan bercampur dengan protein ( lipoprotein ) yang selanjutnya dibawa menuju berbagai organ dalam tubuh.

Ada dua jenis lipoprotein dalam darah, yang mana keduanya memiliki fungsi dan tugas berlawan, yakni :

High-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal dengan kolesterol baik, tugas dari HDL adalah membawa kolesterol ke organ hati untuk diurai yang selanjutkan dibuang keluar dari tubuh melalui kotoran.

Batas minimal HDL ( High-density lipoprotein ) adalah 40mg/dL, semakin tinggi jumlah kolesterol HDL maka semakin baik, dan sebaliknya jika jumlah HDL dibawah 40mg/dL maka bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Low-density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan kolesterol jahat merupakan kolesterol yang bertugas membawah kolesterol dari hati menuju ke organ-organ tubuh yang memerlukan.

Jika jumlah kolesterol yang dibawa terlalu banyak karena jumlah kolesterol dalam tubuh tinggi maka bisa menempel dinding arteri yang lama kelamaan akan mengendap sehingga menyumbat saluran arteri akibatnya aliran darah menjadi terganggu dan terhambat.

Jumlah kolesterol LDL yang masih bisa ditelolir dalah dibawah 100mg/dL, sementara jika jumlahnya diangka 100-129 tergolong cukup dan jika jumlah kolesterol LDL dalam tubuh kita lebih dari 160 mg/dL maka itu dianggap tinggi yang mana bisa menimbulkan dampak atau akibat berbahaya.

Akibat Kolesterol Tinggi

Ketika jumlah kolesterol dalam darah tinggi dan sudah menyebabkan terjadinya penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah arteri maka bisa menimbulkan akibat berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa akibat kolesterol tinggi yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian, yakni :

1. Memicu Aterosklerosis ( Penyempitan Pembuluh Darah )

Aterosklerosis adalah kondisi dimana menyempitnya arteri karena mengalami penebalan akibat menimpuknya plak pada dinding arteri.

Ketika arteri mengalami penyempitan maka peredaran darah dan oksigen dari arteri ke oragan tubuh lainnya akan terhambat. Jika kondisi tersebut terjadi maka jelas akan menimbulkan masalah atau gangguan pada kesehatan.

Beberapa gangguan atau gejala dari aterosklerosis adalah nyeri kaki saat berjalan, tekanan darah tinggi, nyeri dada dan mengalami gejala stroke ringan seperti tangan dan kaki kaku, kesulitan berbicara, otot wajah melemah sehingga wajah nampak turun dan gangguan penglihatan.

2. Meningkatkan Resiko Terkena Stroke, Serangan Jantung Dan Gagal Ginjal

Ketika penyempitan yang terjadi pada arteri jantung maka penderita kolesterol tinggi bisa terkena serangan jantung, jika yang tersumat arteri yang menuju ke otak maka penderita dapat terkena penyakit stroke dan jika yang tersumbat arteri ginjal maka bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Ketiganya merupakan penyakit berat yang perlu mendapatkan penanganan serius karena jika tidak bisa menyebabkan kematian. Disamping itu biaya yang diperlukan untuk mengobati penyakit tersebut tidaklah murah.

3. Batu Empedu

Orang yang memiliki jumlah kolesterol tinggi juga beresiko tinggi terkena penyakit batu empedu, mengingat penyebab utama dari munculnya penyakit batu empedu adalah karena kolesterol yang mengendap di saluran empedu.

Selain batu empedu, orang yang memiliki jumlah kolesterol tinggi dalam tubuhnya bisa terkena berbagai gangguan pencernaan.

Itulah 3 akibat kolesterol tinggi berbahaya yang paling sering terjadi, untuk itu sudah mestinya jika kita menjaga agar kadar kolesterol kita tetap seimbang sehingga bisa terbebas dari beberapa gangguan serius diatas.

Cara Menjaga Dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Hal pertama dan paling utama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang atau menurunkan kadar kolesterol yang terlanjut tinggi adalah sebagai berikut :

  • Merubah kebiasaan atau gaya hidup yakni dengan menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol seperti : jeroan, daging berlemak, mentega, krim, makanan berminyak atau yang digoreng, susu tinggi lemak, dan lainnya
  • Menurunkan berat badan, jika saat ini anda memiliki berat badan berlebih maka sebaiknya anda kendalikan agar berat badan anda menjadi ideal.
  • Lakukan olahraga teratur, lalukan olahraga teratur minimal 30 menit perhari atau 150 menit per minggu, mengingat dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida.
  • Berhenti merokok, jika anda sering merokok maka hentikan sekarang juga karea roko mengandung zat kimia yang dapay menghentikan aktivitas kolesterol baik dalam mengangkut timbunan lemak.
  • Konsumsi obat penurun kolesterol alami, dimana obat alami jauh lebih aman dikonsumsi karena tidak akan menimbulkan efek samping.

Demikianlah informasi singkat tentang akibat kolesterol tinggi dan cara menurunkannya, semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawan rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

4 thoughts to “Akibat Kolesterol Tinggi Pada Pria Dan Wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *