Batas Kolesterol Berbahaya Yang Bisa Memicu Stroke

Bahaya akibat kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan stroke dan jantung koroner, untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kolesterol agar tetap normal tidak melebihi batas kolesterol berbahaya ? lalu berapa kadar kolesterol normal dan batas kolesterol berbahaya, berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Batas Kolesterol Berbahaya

Batas Kolesterol Berbahaya

Banyak yang mengira kolesterol adalah hal yang benar-bernar harus dihindari, namun perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya kolesterol adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh karena memiliki peranan atau fungsi sebagai penghasil berbagai hormon yang diperlukan tubuh, membantu memproduksi vitamin D serta menghasilkan asam empedu yang dibutuhkan oleh tubuh guna mencerna makanan.

Kolesterol merupakan zat lilin yang sebagian besar di produksi atau dihasilkan oleh organ hati dan apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans maka kolesterol yang dihasilkan akan lebih banyak dari biasanya.

Jika kondisi tersebut terjadi maka akan mengakibatkan terjadinya penumpukan kolesterol dalam dinding arteri yang lama kelamaan membentuk plak yang bisa menyebabkan penyempitan dan penyumbatan arteri yang memicu timbulnya penyakit stroke dan jantung.

Itulah sebabnya mengapa penting bagi kita untuk bisa mejaga kolesterol dalam tubuh tetap stabil dan jangan sampai melebihi batas kolesterol berbahaya.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yakini kolesterol baik dan kolesterol jahat, keduanya memiliki fungsi masing-masing.

Kolesterol jahat ( HDL-High Density Lipoprotein ) memiliki fungsi mencegah terjadinya ateroma ( penyempitan pembuluh darah ) sebagai akibat dari tingginya kadar lemak jahat ( LDL-Low Density Lipoprotein ).

Ateroma adalah plak lemak yang menumpuk dan menyeras di dinding arteri pembuluh darah yang seiring dengan berjalanya waktu plak akan menebal dan meluas sehingga pembuluh darah menjadi terhambat dan aliran darah pun menjadi tidak lancar.

Jika pembuluh darah yang terhambat menuju ke otak maka bisa menyebabkan stroke, sementara jika pembuluh darah yang tersumbat menuju jantung maka bisa menyebabkan serangan jantung.

Batas Kolesterol Berbahaya

Kolesterol dalam tubuh dikatakan berbahaya jika jumlah kolesterol jahat dalam tubuh melebihi batas kolesterol berbahaya.

Jumlah kadar kolesterol jahat yang masih bisa ditoleran ( kolesterol normal )oleh tubuh adalah kurang dari 100 mg/dL sementara itu jika nilainya lebih dari 100mg/dl hingga 120 mg/dl termasuk kedalam ambang batas toleransi sehingga masih dikategorikan aman.

Namun jika jumlah kolesterol jahat dalam tubuh lebih dari 129 mg/dl maka itu masuk dalam kategori cukup berbahaya karena bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan seperti penyempitam pembuluh darah, penyakit jantung dan stroke.

Sementara itu batas kolesterol berbahaya adalah ada diangka 130-159 mg/dL jika sudah mencapai angka 160-190 mg/dL maka sudah dikatakan sebagai level paling tinggi.

Nah, bagaimana dengan jumlah kadar kolesterol anda ? jika kadar kolesterol anda masuk kategori cukup berbahaya dan tinggi dan saat ini anda merasakan beberapa tanda atau ciri kolesterol tinggi maka sebaiknya anda segera melakukan tindakan dan penanganan untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat anda ke angka kolesterol normal. Dengan begitu maka dampak buruk atau bahaya akibat kolesterol tinggi yang bisa terjadi bisa anda hindari.

Cara Menjaga Dan Menurunkan Kolesterol Agar Tetap Normal

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar kolesterol tetap normal sekaligus menurunkan kolesterol yang sudah naik atau tinggi, yakni :

  1. Konsumsi makanan mengandung serat tinggi serta makanan mengandung lemak baik seperti : minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan
  2. Konsumsi makanan yang kaya akan kandunan omega 3 seperti ikan
  3. Lakukan olahraga secara teratur, setidaknya 30-60 menit perhari
  4. Jaga berat badan agar tetap ideal
  5. Berhenti merokok jika anda suka merokok
  6. Konsumsi obat penurun kolesterol

Demikianlah informasi singkat tentang batas kolesterol berbahaya yang bisa memicu penyakit stroke dan jantung ini, semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *